Objek Wisata Air Terjun Jeruk Manis di Lombok Timur

Objek Wisata Air Terjun Jeruk Manis di Lombok Timur

Air Terjun Jeruk Manis adalah sebuah nama yang sangat unik untuk sebuah objek wisata yang ada di Lombok Timur salah satunya adalah air terjun ini. Sebenarnya Lombok Timur juga dikenal sebagai lokasi objek wisata Pusuk Sembalun yang memiliki pemandangan yang mempesona dan spot instagramable.

Lombok memang terkenal dengan spot wisata air terjunnya salah satunya air terjun jeruk manis. Konon katanya, di sini terdapat hingga 30 objek wisata air terjun yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Padahal selama ini Lombok dikenal dengan wisata bahari dan gili-nya.

Objek Wisata Air Terjun Jeruk Manis di Lombok Timur

Ternyata, spot wisata alamnya seperti air terjun ini juga tidak kalah mempesona untuk dilihat dan dikunjungi. Jika anda ingin berkunjung melihat keindahan air terjun di Lombok, ternyata di Lombok Timur terdapat beberapa objek wisata air terjun yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Jeruk Manis.

Bagaimana Pesona Keindahan Air Terjun Jeruk Manis?

Air Terjun Jeruk Manis

Tidak banyak diketahui tentang bagaimana asal-usul dari air terjun ini. Secara alamiah maupun berdasarkan cerita penduduk setempat. Namun terdapat informasi bahwa salah seorang penduduk pertama kali menemukan air terjun ini sekitar tahun 1983 dan tempat ini masih tidak dikunjungi oleh siapapun serta belum terjamah oleh manusia.

Lambat laun, tempat ini mulai ramai dan menjadi objek wisata yang dikelola pihak setempat. Jika dilihat dari lokasinya, air terjun ini berada di sekitar areal Taman Nasional Gunung Rinjani ini. merupakan air terjun yang mengalir dari puncak bukit yang terdapat di Taman Nasional ini dan terjun ke bawah sehingga di dasar terdapat kolam.

Aliran air yang melewati batuan dan tanaman yang rimbun di sisi-sisi bukit menjadikan pemandangan yang begitu berbeda. Air terjun ini dipercaya oleh penduduk setempat memiliki beberapa Khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan penyakit serta menyuburkan rambut.

Untuk memperoleh khasiat ini, para pengunjung biasanya dapat mengikuti ritual yang dipandu oleh penduduk setempat serta hanya dilakukan pada waktu tertentu saja. Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit, Air Terjun Jeruk Manis pun mulai tampak dari kejauhan.

Dengan ketinggian 644 mdpl air terjun ini sangat indah serta memanjakan mata dan menyegarkan badan setelah berkeringat di perjalanan. Ketinggian air terjun ini berkisar antara kurang lebih 15-20 meter melalui dinding gawir yang disusun oleh lava basal.

Percikan air terjun dari ketinggian juga menambah kesegaran dan manisnya alam Air Terjun Jeruk Manis. Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati kesejukan dan keindahan hutan lindung yang merupakan tempat di mana air terjun ini berada.

Selain itu pengunjung juga bisa bersantai dan bahkan mandi di kolam dasar air terjun yang menyegarkan dan berair jernih. Biasanya saat ini banyak pengunjung yang datang untuk berfoto karena objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Air Terjun

Air terjun ini berjarak sekitar 50 km dari Kota Mataram. Lokasinya berdekatan dengan Desa Wisata Tetebatu. Lama perjalanan yang ditempuh dari Kota Mataram adalah 2 jam dengan melewati Cakranegara, Narmada, Sedau, Mantang, Kopang, Terara, Sikur, Masbagik, Desa Kembang Kuning.

Untuk menuju lokasi, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan seperti kendaraan pribadi atau menggunakan jasa sewa mobil Lombok. Setelah sampai di pintu masuk lokasi, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan ini berjarak sekitar 1,5 km dalam waktu kurang lebih 30 menit. Pengunjung memang hanya bisa berjalan kaki karena jalan masuknya merupakan jalan setapak yang merupakan jalan batu.

Meskipun begitu biasanya pengunjung menikmati perjalanan ini karena keindahan pemandangan sekitar hutan lindung. Karena harus melewati jalan setapak ini, disarankan untuk melakukan kunjungan pada musim kemarau agar lebih aman dan nyaman serta tidak disarankan pada saat musim hujan tiba rental mobil lombok

Dikarenakan jalanan yang terjal dan berbatu dapat membuat para pengunjung terpeleset dan terjatuh. Selama menempuh perjalanan setapak melalui jalan yang terbuat dari batu ini, pengunjung akan ditemani dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan.

Seperti paku-pakuan, bunga liar, durian, lemuru, liluh-liluh, dan bujur. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan binatang liar dari beragam fauna seperti Kera dan juga Rusa. Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di Berugak (semacam gazebo) yang akan Anda temui di tepi jalan.

Anda akan melewati tiga buah Berugak, namun disarankan agar Anda bertahan sejenak dan berhenti pada Berugak yang terakhir. Sebab, Berugak ini letaknya tak jauh dari air terjun, dan di sini Anda bisa menikmati pemandangan hutan lindung yang asri sembari untuk beristirahat.

Mungkin ini saja yang dapat kami berikan mengenai ulasan artikel tentang informasi objek wisata air terjun jeruk manis yang berada di Lombok Timur khususnya, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *