Mengenal Lombok Dari Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Mengenal Lombok Dari Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Mengenal Lombok Dari Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Museum Lombok berada di bagian pusat kota mataram , yang dekat juga dengan Desa rending Le (sayang –sayang).   Di museum ini terdapat koleksi  sebanyak 7513 buah,  dari jumlah tersebut terdapat peninggalan yang bersejarah pada masa  manusia dahulu belum ada yang mengenal tulisan. Di dalam museum ini koleksinya bukan hanya peninggalan dari suku yang tinggal di Lombok  dan Sumbawa saja , tetapi terdapat juga peninggalan dari bangsa cina yang dulunya mereka pernah singgah untuk melakukan perniagaan  atau berdagang. Lembaga ini didirikan dari tahun 1976 dan hingga diresmikan pada 23 januari 1982.

Ketika kalian  mulai memasuki ke area Museum Lombok ini, kalian akan melewati ruangan ;obi di bagian awal depan dan juga kalian akan melihat ada buaya muara yang memiliki panjang 4,1 meter (yang telah diawetkan)  buaya yang ditempatkan di kotak kaca tersebut akan menyambut kalian .  kalian akan melihat lukisan yang dimana lukisan tersebut  merupakan lukisan yang menceritakan bagaimana kesenian di Pulau Lombok dan juga Sumbawa. Lukisan tersebut berada di dinding sisi kanan dan kiri.  Setelah ruangan lobi kalian lewati , kalian  akan mulai masuk ke dalam  gedung utama, terdapat 2 gedung utama yang merupakan ruangan pameran yang permanen.

Untuk Gedung utama yang pertama , kalian akan dapat memandangi miniature pulau Lombok dan juga Sumbawa.  Yang dimana miniature ini dirancang dengan sangat detail, dan kalian juga dapat dengan sangat jelas melihat keadaan geografi pulau Lombok  dan juga Sumbawa.  Yaitu dataran rendah, pegunungan, danau, dan sungai yang  terdapat di dua pulau tersebut. Di Ruangan bagian sisi utara kalian akan mendapatkan informasi jumlah spesies flora dan fauna pada dua pulau ini, yang saat ini sudah terancam punah maka dilindungi oleh pemerintah .  contohnya seperti  pohon gaharu (Excoecaria aqallocia).Kayu Kelicung (Diospyros malabarica), Beo Sumbawa, Kupu-kupu raja Haliphron, dan beberapa biota laut lainnya.

Setelah itu kalian bisa masuk kedalam Gedung utama  yang kedua ini mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada gedung utama yang pertama. ketika memasuki gedung ini, kalian akan melihat beberapa pasangan pengantin  yang menggunakan  pakaian tradisional dari beberapa suku yang menyambut kalian ketika baru masuk ke gedung utama kedua.  Seperti suku Sumbawa, bima, sasak dan bali.  akan melihat kuda-kudaan atau jaran kumput di sebelah pengantin bali..  jaran kumput biasanya dipakai  oleh seorang yang yang baru saja disunat dan juga diarak keliling desa. Di museum ini juga terdapat alat tenun tradisional,  yang biasanya digunakan  di desa sukarara dan desa pringgasela.  Terdapat juga hasil tenunan dengan motif yang tentunya ciri khas dari suku sasak dan juga suku bima  contohnya motif subahnale dan motif ngusuwaru .

Pada sisi bagian utara ruangan ini, kalian akan disuguhkan dengan berbagai jenis porselen peninggalan bangsa cina (dinasti ching) dari abad ke 10-14. Dan juga alat music tradisional, peralatan ibadah umat agama hindu dan islam . dan masih banyak lagi yang lainnya

Untuk pada bagian sisi selatan ruangan , kalian akan melihat berbagai macam takepan. Takepan ini merupakan sebuah dokumen  naskah kuno yang dibuat dari daun lontar dan kayu, yang ditulis  dengan menggunakan huruf sasak dan arab.

Di museum Lombok ini kalian  akan mengenal Lombok  dengan detail dan sejarahnya. Dengan artikel yang singkat ini. Bisa membuat kalian mengetahui sedikit tentang museum Lombok dan kalian bisa tertarik untuk mengunjungi museum Lombok ini. Sewa Mobil Lepas Kunci Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *