Jalan JaLan Dan Mengenal Budaya Lombok

Jalan JaLan Dan Mengenal Budaya Lombok

Jalan JaLan Dan Mengenal Budaya Lombok. pulau lombok memiliki penduduk atau masyarakat yang mayoritas bersuku sasak  dari penjelasan  dari pakar  sejarah diungkapkan kalau  suku sasak  telah berada sejak ratusan  tahun silam. Diketahui kalau nama sasak dan lombok memiliki kaitan yang begitu erat,  maka tidak bisa dipisahkan . yang menjadi satu yang asalnya dari kata “ Sa’ sa Lombo (dari bahasa sasak). Sa’ Yang artinya Satu, dan Lombo ‘ artinya lurus.

Kalau kalian memiliki rencana  ke lombok  kalian ingin jalan jalan dan mengenal budaya lombok  kalian bisa mendatangi wisata budaya di lombok yang banyak kebudayaan unik yang bisa kalian temukan di lombok. berikut Rekomendasi Tempat wisata budaya di lombok yang dapat kalian kunjungi.

  1.       Mengintip Kehidupan Suku sasak Di desa Rambitan Sade

Destinasi wisata budaya yang terpopuler  yaitu Desa Rambitan sade.  Di desa ini kalian dapat melihat langsung kehidupan suku sasak . Mulai dari tradisi turun –temurun yang saat ini masih selalu diterapkan sampai rumah tradisionalnya yang begitu unik.

Rumah tradisional  dibuat dengan menggunakan bahan tiang-tiang kayu penyangga , alang-alang kering digunakan untuk atap, dan untuk dinding nya dengan kayu.  Yang paling unik  suku sasak memiliki tradisi mengepel lantai rumah mereka dengan kotoran kerbau. Dimana dipercaya bisa mengusir nyamuk dari rumah. Sewa Mobil Lepas Kunci Lombok

  1.       Belajar Tenun kain Di desa Sukarara

 Desa lain yang  terkenal juga  merupakan sebagai sentra kain tenun  yang ada di lombok  merupakan desa sukarara. Tempat nya tidak jauh dari desa sade, ketika memasuki desa in kalian akan dimanjakan dengan warna-warni  berupa kain tenun lombok yang sangat semarak dan juga indah.

Kalian akan melihat mayoritas perempuan yang melakukan aktivitas menenun di depan rumah mereka masing-masing.  Menenun adalah tradisi  turun temurun untuk para perempuan di desa sukarara.  Dan perlu diketahui juga kalau tradisi ini adalah syarat wajib untuk perempuan sasak yang nantinya akan menikah.

  1.       Menyaksikan Festival bau Nyale yang Unik Di pantai Kuta

Apakah kalian pernah mendengar  sebuah legenda putri Mandalika? , diceritakan kalau putri Mandalika ini adalah seorang putri yang mempunyai paras yang cantik dan juga  baik hati. Kecantikannya membuat para pangeran-pangeran   dari berbagai kerajaan terpikat , sampai  begitu banyak yang melamar sang putri.

Putri Mandalika tidak  menginginkan  adanya perpecahan  karena menerima  satu lamaran , oleh karena itu sang putri memulai memutuskan untuk loncat menceburkan diri  ke laut  di pantai siregar. Dan banyak cacing atau nyale yang mulai bermunculan dari laut. Dan warga  percaya kalau cacing tersebut adalah jelmaan dari sang putri.

 Nyale akan bermunculan  satu tahun sekali  dan di momen seperti inilah  masyarakat lombok mengadakan festival bau Nyale  di sekitar pantai  kuta  dan juga pantai siregar yang letaknya di timur kuta.

Dalam festival ini  , para warga setempat melakukan bersama-sama dengan menangkap Nyale setelah itu menaburkan di sawah. Atau juga  diolah dijadikan makanan, kalau ingin menyaksikan festival ini , kalian dapat mendatangi ke mandalika sekitaran bulan Februari – Maret .

Destinasi wisata di lombok memang terkenal dengan pantai senggigi dan juga mendaki gunung rinjani tetapi  perlu kalian ketahui kalau banyak pilihan wisata yang dapat kalian kunjungi contohnya kalian bisa berjalan jalan dan mengenal budaya lombok sambil berwisata  ke desa –desa budaya yang disebutkan  diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *